Bau dan Jorok, Warga Keluhkan Kondisi Alun-Alun Magetan

a

KLIKTIMES.COM|MAGETAN- Alun-Alun Magetan saat ini menjadi tempat wisata alternatif favorit warga. Sayangnya, kondisi fasilitas umum itu kini dikeluhkan lantaran dinilai bau dan jorok.

Selama libur lebaran, Alun-Alun Magetan tidak hanya dikunjungi warga setempat. Warga luar daerah pun kerap datang menikmati keindahan dan kenyamanan fasilitas yang disediakan, seperti tempat bermain anak, jogging track, hingga pujasera.

Papan imbauan larangan membuang sampah pun dipasang di mana-mana. Namun, masih saja dijumpai pengujung maupun pelaku usaha yang tidak patuh dalam membuang sampah. Bau tidak sedap pun tercium saat pagi-pagi jogging pada parkir sisi timur alun-alun.

“Jorok pokoknya, baunya bacin seperti bekas kuah makanan yang dibuang di parit kecil yang tidak mengalir lancar, kemudian mengenang pada lantai pavingnya juga. Benar-benar nggak nyaman buat jogging," kata Novita Sari, salah satu pengunjung kepada Kliktimes.com, Jumat (13/05/2022).

Novita mengaku setiap pagi biasa berjoging di alun-alun bersama teman-temannya. Kerap kali dia mendapati bau tidak sedap, terlebih jika tidak turun hujan.

“Kalo malamnya hujan, paginya buat jogging nggak bau sih, mungkin karena (sampah) terbawa aliran air hujan. Namun bila tidak hujan, ya bau seperti pagi ini. Pokoknya benar-benar tidak nyaman," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Nur Sanjaya, pengujung asal Dolopo, Madiun. Setelah menyelesaikan pekerjaan di Magetan, Nur Sanjaya mengaku sengaja mampir ke alun-alun untuk beristirahat.

Sayangnya, dia malah mendapati pemandangan jorok sampah dan bau tidak sedap.

“Sampai-sampai pindah tempat saya, bau bacin, nggak nyaman. Sumber bau seperti dari sisa-sisa makanan milik pedagang yang sengaja dibuang, yang tidak habis usai berdagang," paparnya.

Dirinya menyayangkan perilaku oknum yang tidak tertib menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat umum.

“Percuma papan tulisan larangan membuang sampah, namun tidak disertai kesadaran. Ya mudah-mudahan Pemkab Magetan menegur mereka yang tidak patuh," harapnya.

Dia pun mengusulkan adanya petugas pengawas di Alun-Alun Magetan. Sehingga, tidak ada oknum tak bertanggung jawab yang merusak kebersihan dan keindahan alun-alun.

“Tempatkan satgas sampah yang menegur pengujung atau pedagang yang tidak patuh dalam membuang sampah," pungkasnya. (Rin/Ell)

Baca Juga:

INFOGRAFIS
loading
VIDEO TERKINI
loading