Cek Akurasi Timbangan di Pasar Wlingi, Disperindag Kab Blitar: Agar Tidak Saling Dirugikan

Disperindag Kabupaten Blitar cek akurasi timbangan di Pasar Wlingi.

Foto: Tan/kliktimes.com
Disperindag Kabupaten Blitar cek akurasi timbangan di Pasar Wlingi. Foto: Tan/kliktimes.com

KLIKTIMES.COM-BLITAR- Cek akurasi timbangan di pasar Wlingi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar menyatakan bahwa salah satu tujuannya agar tidak saling dirugikan, baik konsumen maupun pedagang. Kegiatan cek akurasi timbangan dalam rangka pengawasan dan pembinaan timbangan di pasar Wlingi ini dilakukan pada Rabu 2 Maret 2022.

BACA JUGA:

Kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Eka Purwanta, melalui Pengawas Metrologi, Ana Dwi Nuryanto mengatakan, tujuan pengawasan dan pembinaan tak lain adalah mengecek timbangan untuk mengetahui akurasinya. Sehingga kebenaran hasil ukuran terjamin.

"Kalau jumlah timbangan yang kita cek di pasar Wlingi ini mencapai puluhan. Meliputi timbangan digital meja, timbangan duduk, dan timbangan meja bebek," kata Ana Dwi kepada Kliktimes.com usai pengecekan.

Hasilnya, lanjut Ana Dwi, memang ada sejumlah timbangan milik pedagang yang dihimbau agar segera dilakukan uji tera. Hanya saja secara umum, akurasi timbangan pedagang di pasar Wlingi sudah sesuai standar.

"Tadi setidaknya ada tujuh timbangan pedagang yang perlu di uji tera. Pemilik timbangan sudah kita berikan pembinaan agar segera melakukannya. Sehingga dirinya maupun konsumen tidak dirugikan," tuturnya.

Terkahir Ana Dwi mengaku, dua tahun terakhir tidak bisa melakukan sidang tera karena Pandemi Covid-19. Mulai awal tahun ini pihaknya terus melakukan pengawasan dan pembinaan di pasar-pasar.

"Tentunya melalui kegiatan kita ini, yaitu pengawasan dan pembinaan di pasar akan terus berlanjut. Semoga semua alat ukur takar timbang dan perlengkapan (UTTP) di Kabupaten Blitar bisa tertib," imbuhnya.(had)