Disperindag Kabupaten Blitar Mulai Tera Ulang SPBU

a

KLIKTIMES.COM-BLITAR- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar mulai tera ulang SPBU. Tera ulang pada awal tahun ini berlangsung di SPBU di Jalan Raya Sawahan Desa Pojok Kecamatan Garum, Rabu 19 Januari 2021.

BACA JUGA:

Tera ulang SPBU ini berdasarkan permintaan dari pihak SPBU, mengingat sudah waktunya tera ulang. Total ada 14 nozzle di SPBU Pojok Garum.

Dalam kesempatan ini, Kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Eka Purwanta, ikut mendampingi petugas melakukan tera ulang. Menurutnya, tera ulang SPBU ini merupakan kegiatan rutin. Karena sudah sesuai dengan tugasnya di bidang metrologi.

"Jadi tujuan tera ulang untuk memastikan alat ukur itu tepat, akurat, dan sesuai dengan takaran yang ada. Selain itu juga bisa melindungi konsumen dari kecurangan," kata Eka kepada Kliktimes.com disela-sela kegiatan tera ulang.

Eka menuturkan, Disperindag bertugas melakukan tera ulang, sedangkan konsumen diharapkan juga melaporkan atau menyampaikan jika dinilainya ada yang mencurigakan. Sehingga ada dua sisi yang seimbang.

"Proses setelah uji tera, kalau hasil sesuai masih dengan batas kesalahan diizinkan (BKD), maka dibubuhkan tanda tera sah tahun 2022. Kemudian dilengkapi surat keterangan hasil pengujian (SKHP) yang berlaku setahun, bila BKD masih sesuai," jelasnya.

"Nah, pihak SPBU ini juga melakukan uji tera internal. Kalau tidak sesuai BKD, maka harus mengajukan tera ulang kembali ke Disperindag," tandasnya.

Terakhir, Eka menghimbau semua SPBU agar tidak terlambat melakukan tera ulang. Kurang beberapa hari batas waktu terakhir, harus disampaikan. Disperindag juga akan proaktif dengan mengingatkan SPBU, yang waktunya tera akan diberikan himbauan atau peringatan.

"Total di Kabupaten Blitar ini ada sekitar 37 SPBU. Ini SPBU pertama yang kira tera ulang tahun 2022. Diharapkan jika sudah waktunya, SPBU lain segera mengajukan tera ulang," imbuhnya.(had)

INFOGRAFIS
loading
VIDEO TERKINI
loading