Ini Penampakan Durian Terlezat di Dunia, Saman Asli Magetan Warnanya Kuning Keemasan

Durian Saman, durian langka yang dari kebun milik Kakek Saman di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan.

Foto: Rin/kliktimes.com
Durian Saman, durian langka yang dari kebun milik Kakek Saman di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Foto: Rin/kliktimes.com

KLIKTIMES.COM-MAGETAN-  Dari luar penampakan durian Saman seperti pada durian umumnya. Namun setelah kita buka teksturnya kuning keemasan. Dalam pegangan tangan terasa lembut, seperti ada kambium pelindung dagingnya, membuat tidak lengket di tangan.

BACA JUGA:

Setelah kita ambil dan masuk mulut tidak langsung pecah, karena terlindung lapisan. Saat kita cecap maka rasa manis langsung meledak di mulut. Rasa manis mendominasi ketimbang pahitnya. Ketika terkunyah terasa pulen tidak lembek, sensasi gurih harum berbaur menjadi satu. Bijinya kecil bahkan saking kecilnya bisa dimakan.

Beruntung Kliktimes.com bisa menyambambangi langsung kediaman mbah Saman (87) si pemilik durian legend di desa Plangkrongan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Kamis 03 Maret 2022.

[caption id="attachment_15977" align="alignnone" width="810"]durian saman Mbah Saman tengah pemilik durian legend asli Plangkrongan Kecamatan Poncol Magetan.
Foto: Rin/kliktimes.com[/caption]

Bejo Bejan Bertemu Pemilik Durian Saman

Bejo bejan istilah warga Magetan dapat bertemu raja buah asli indukan Saman tersebut. Kami bersama teman dapat menikmatinya. Meski hanya satu buah sudah dapat mengobati penasaran kami.

"Tahun ini idukan Saman tidak berbuah lebat, kira-kira hanya 100 an buah. Jika turunannya buahnya banyak," kata mbah Saman kepada kliktimes.com, Kamis (03/03/2022).

Ia akuinya, jika turunannya tidak sama persis dengan induknya, tetapi mendekati soal rasanya. Warna juga tidak kuning keemasan.

"Turunannya berwarna kuning keputihan, bijinya kecil tapi tidak sekecil indukan. Kemudian rasa pahitmya mendominasi ketimbang manis. Sedikit lembek dan gurihnya kurang," jelasnya.

Untuk dapat menikmati Durian Saman meski pesan dulu. Karena durian saman sekali jatuh sudah ada yang antre. Masalah harga tidak masalah bila tahu rasa durian ini. Pokoknya sesuai dengan nikmatnya.(rin)