Kerja Keras JPM dan JMTO Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang Bisa Dilalui

PT Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM) bersama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) bekerja keras melakukan proses penanganan longsor di ruas jalan Tol Pandaan-Malang.

Foto: Ist/kliktimes.com
PT Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM) bersama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) bekerja keras melakukan proses penanganan longsor di ruas jalan Tol Pandaan-Malang. Foto: Ist/kliktimes.com

KLIKTIMES.COM-KABUPATEN MALANG- PT Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM) bersama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) telah bekerja keras melakukan proses penanganan longsor di ruas jalan Tol Pandaan-Malang, akibat adanya longsor, dan genangan air di KM 77, KM 78 dan KM 79, akibat terkena longsor yang terjadi pada Selasa (8/3/2022).

BACA JUGA:

Kerja keras tersebut akhirnya dapat membuat ruas jalan tol Pandaan-Malang bisa dilalui kendaraan roda empat kembali setelah petugas membersihkan material longsor.

"Alhamdulillah, tadi pagi (Rabu, 9/3) sekitar pukul 04.15 sudah normal kembali. Untuk membersihkan, PT Jasamarga Pandaan-Malang (JPM) mengerahkan setidaknya tiga alat berat," ucap Staf Umum PT Jasamarga Pandaan-Malang, Andi Wibowo, Rabu (9/3).

Andi menjelaskan, pembersihan material longsor yang berada di lokasi berupa tanah dan bebatuan tersebut, terus dilakukan hingga saat ini, supaya ruas jalan tol di KM 77, KM 78 dan KM 79 bisa dilalui.

"Kedua jalur itu sekarang sudah bisa dilewati, tapi sementara hanya satu lajur saja, baik itu dari Surabaya-Malang atau sebaliknya," jelasnya.

Selain itu, lanjut Andi, JPM jugal memasang sejumlah rambu lalu lintas di beberapa titik, agar memberikan keamanan untuk pengendara yang melintas.

"Di ruas jalan itu kami pasang water barrier dan rubbercone, meski hujan kami terus melakukan penanganan longsor itu, material longsor kami angkut pakai truck," terangnya.

Untuk itu, tambah Andi, PT JPM mengimbau agar pengendara yang melintas di lokasi titik longsor untuk berhati-hati, dan mengurangi kecepatan kendaraannya.

"Para pengendara diimbau untuk berhati-hati, sampai saat ini masih kita upayakan dan dalam proses penanganan," tandasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya dua ruas jalan Tol Pandaan-Malang sempat ditutup akibat adanya longsor, dan genangan air di KM 77, KM 78 dan KM 79 yang disebabkan karena hujan lebat yang terjadi pada Selasa (8/3) kemarin sekitar pukul 14.50.

Kondisi tersebut menyebabkan PT JPM dan kepolisian menutup dan mengalihkan jalur dari Surabaya ke Malang dan sebaliknya.

Selanjutnya, ruas jalan dari Malang ke Surabaya sudah dapat dilintasi pada Selasa (8/3/) kemarin sekitar pukul 17.50, dan untuk jalur Surabaya menuju Malang harus dialihkan keluar pintu tol Purwodadi hingga pagi tadi.(lek)