Daerah

Kompak Jadi Sindikat Curanmor Antar Kota, Kakak Beradik Diringkus Polisi Blitar

Kompak jadi sindikat
Barang bukti sepeda motor hasil aksi kriminal kakak beradik di Blitar. Foto: ist/kliktimes.com

KLIKTIMES.COM-BLITAR- Kompak jadi sindikat curanmor antar kota, kakak beradik diringkus polisi Blitar. Keduanya nekat melakukan aksi kejahatan itu dengan dalih terdesak kebutuhan.

BACA JUGA:

Kedua pelaku merupakan saudara kandung sudah melakukan aksinya di beberapa kota. Terakhir, kejahatan mereka terbongkar saat beraksi di wilayah hukum Kota Blitar.

Kedua pelaku, Aripin (37) dan Ropi’i (25) merupakan warga Sumbersuko Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Kaka beradik ini menjadi sindikat pencurian kendaraan bermotor yang sering terjadi di kota-kota yang ada di Jawa Timur.

Di hadapan petugas, kedua pelaku yang merupakan residivis itu mengaku baru satu kali beraksi di Blitar. Mereka juga berdalih kalau hasilnya mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Untuk mencari sasaran, kita berkeliling terlebih dahulu. Di Blitar kita baru satu kali, di Desa Jiwut Nglegok,” kata Aripin, salah satu pelaku, Senin 18 Oktober 2021.

Dari tangan merek, petugas mengamankan satu unit sepeda motor milik korban, uang tunai ratusan ribu rupiah, kunci letter L, dan satu unit mobil yang mereka gunakan berkeliling untuk mencari mangsa.

Kapolres Blitar, AKBP Yudhi Hery Setiawan mengatakan, modus dari pelaku ini dengan mobiling atau berkeliling mencari mangsa. Sasaran mereka adalah sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan raya atau tempat perbelanjaan, serta rumah kost.

“Keduanya akan kami jerat dengan pasal 363 KUHP, tentang curat dengan ancaman hukuman di atas tujuh tahun penjara,” imbuhnya.(had)

Tambah Komentar