Daerah

New Normal Blitar Aktivitas Mulai Longgar

New normal Blitar
Suasana Jalan A Yani Kota Blitar dalam masa uji coba new normal, Rabu (6/10/2021). Foto: Fathan Hadi/kliktimes.com

KLIKTIMES.COM-BLITAR- New normal Blitar dalam uji coba, aktivitas masyarakat Kota Blitar mulai longgar, Rabu 6 Oktober 2021. Selama uji coba pelaksanaan PPKM level 1 new normal, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar mulai melonggarkan aktifitas masyarakat. Satu diantaranya kembali dibukanya tempat publik.

Seperti sektor ekonomi, wisata, sekolah, hingga tempat ibadah. Meski demikian juga dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat.

Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, sudah menyebarkan surat edaran terkait pelaksanaan PPKM Level 1 seperti yang tertuang di Inmendagri nomor 47 Tahun 2021 ke semua OPD, Camat, dan Lurah.

“Jadi semua OPD, Camat, dan Lurah sudah diminta mensosialisasikan pelaksanaan PPKM Level 1 ke masyarakat sesuai dengan bidang masing-masing,” kata Santoso, Rabu 6 Oktober 2021.

Misalnya, lanjut Santoso, Dinas Pariwisata sosialisasi kepada pelaku wisata dan pengelola wisata. Disperindag juga sosialisasi ke PKL dan pedagang pasar sudah ada kelonggaran di PPKM Level 1.

“Tetapi, saya berpesan selama uji coba new normal berlangsung masyarakat tidak euforia dan abai menerapkan protokol kesehatan,” urainya.

Selain itu, Pemkot Blitar juga akan membuka kembali tempat publik seperti taman dan fasilitas olah raga di masa PPKM Level 1. Kemudian di sektor pendidikan pihaknya juga akan menambah kuota peserta pembelajaran tatap muka.

“Nah, aktivitas perkuliahan juga bisa digelar lagi dengan catatan para mahasiswa dan dosen sudah vaksin. Semua lembaga menerapkan aplikasi PeduliLindungi. Saat ini kantor-kantor juga sudah menerapkan aplikasi PeduliLindungi,” imbuhnya.(had)

Tambah Komentar