Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Kabupaten Malang Masih Lesu

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara
Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara

KLIKTIMES.COM|KABUPATEN MALANG-

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara mengatakan saat ini Kabupaten Malang telah berada di level 2 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Meski demikian, dibandingkan dengan triwulan pertama pada tahun 2021 lalu, Made menyebut sudah mulai ada peningkatan kunjungan wisata.

"Berdasarkan catatan kami (Disparbud Kabupaten Malang) hingga Maret 2022, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang tercatat ada sebanyak 547.466 wisatawan, tertinggi pada bulan Januari kemarin yang mencapai 273.000 wisatawan," ucap Made, Rabu (6/4/2022).

Made menjelaskan, di bulan Februari 2022 ada penurunan yang cukup signifikan, hingga 78.915 wisatawan.

Meski sempat ada penuruan pada bulan Februari, jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Malang pada bulan Maret meningkat hingga sebanyak 200.810 wisatawan," jelasnya.

Sedangkan untuk tahun ini, lanjut Made, Disparbud Kabupaten Malang masih belum dapat memastikan kapan arus wisatawan akan mulai ada pergerakan atau peningkatan.

Hanya saja, mengingat kondisi Covid-19 yang cenderung melandai, Disparbud Kabupaten Malang meminta sejumlah pengelola wisata untuk mulai bersiap menghadapi arus wisatawan.

"Beberapa pengelola wisata sudah kita ajak koordinasi. Mereka untuk menyiapkan dalam waktu dua minggu lagi. Mungkin nanti pertengahan, atau sekitar minggu kedua bulan puasa baru pasti kita akan mulai bergerak," terangnya.

Baca Juga:

Di sisi lain, Made menyakini saat ini pengelola wisata di Kabupaten Malang sudah mulai berbenah pada sarana dan fasilitas di tempat wisatanya masing-masing. Menurutnya hal itu tentu dilakukan, mengingat selama kurang lebih 1 tahun, tempat wisata tidak boleh beroperasi, saat Covid-19 sedang berada di puncaknya.

"Kalau berbenah sudah pasti, teman-teman pasti sudah mengantisipasi, satu tahun Covid-19 kemarin kan benar-benar tidak bisa (beroperasi). Tapi sekarang kan menuju ke kondisi aman, pasti mereka (pengelola wisata) sudah mulai berbenah," urainya.

Sementara itu, masih berdasarkan catatan Disparbud Kabupaten Malang, dari puluhan tempat wisata yang tercatat, ada beberapa destinasi wisata yang masih menjadi favorit dan menjadi jujugan wisatawan.

Tempat wisata yang masih menjadi favorit wisatawan tersebut beberapa diantaranya adalah Pantai Balekambang, Pantai Regent, Desa Wisata Pujon Kidul, Desa Wisata Sanankerto, Coban Rondo, Flora Wisata Santerra, Bedengan Desa Selorejo dan Sumbermaron. (Lek/Ell)