Daerah

Vandalisme Baliho Puan Maharani Diusut Polisi

puan maharani open bo
Baliho Puan Maharani korban vandalisme bertuliskan "Open BO" di depan kantor DPC PDIP Kabupaten Blitar, Kamis (22/7/2021). Foto: Bagus Ary Wicaksono/Kliktimes.com

KLIKTIMES.COM-BLITAR- Vandalisme baliho Puan Maharani di halaman kantor DPC PDIP mendapat respons dari pihak berwajib. Polres Blitar mengusut aksi tersebut setelah ada laporan dari pejabat DPC PDIP Kabupaten Blitar. Berdasarkan pantauan dari kliktimes.com, Polisi turun untuk mengungkap pelaku aksi vandalisme bertuliskan “Open BO” tersebut.

Terkait aksi vandalisme Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela menegaskan bahwa pihaknya menindaklanjuti. Ada tindak lanjut, terkait aksi vandalisme itu yakni dengan penyelidikan lebih lanjut. Seperti telah diberitakan media ini, baliho dengan coretan “Open BO” tersebut diketahui kali pertama pada Kamis (22/7/2021).

“Penyidik masih bekerja,” tegas AKBP Leonard kepada kliktimes.com.

Seperti pemberitaan media ini, baliho Ketua DPR RI Puan Maharani ditulisi “Open BO” di Blitar. Tulisan itu terpampang di Kantor DPC PDIP Kabupaten Blitar pada Kamis (22/7/2021). Open BO menurut sejumlah peneliti adalah bahasa slang untuk transaksi seksual.

BACA JUGA:

Tulisan “Open BO” tersebut berada persis di halaman kantor DPC PDIP Jl Raya Sambong Kanigoro Blitar. Ada baliho besar bergambar Puan Maharani terkait pesan anak Megawati Soekarno Putri ini terkait Rakerda PDIP Jawa Timur. Rakerda berlangsung pada 21 Juni 2021.

Dalam baliho itu Puan Maharani mengucapkan “Selamat melaksanakan Rapat Kerja Daerah PDIP Jawa Timur. Di Bumi Bung Karno 21 Juni 2021”. Pada samping tulisan ada foto Puan dengan ukuran jumbo berkebaya merah. Persis di bagian bawah, tepatnya samping foto Puan, ada tulisan “Open BO”.

Tulis “Open BO” Pakai Cat Semprot

Tulisan “Open BO”  ini kuat dugaan adalah dari aksi vandalisme. Karena melihat dari warna tulisannya, seperti dari cat semprot. Hingga kini dari internal DPC PDIP Blitar belum ada yang tahu terkait tulisan Puan Maharani tersebut. Sebab pihak penjaga yang ada di kantor DPC juga baru mengetahuinya.

Kliktimes.com menghubungi Andri selaku penjaga kantor DPC PDIP Kabupaten Blitar terkait tulisan “Open BO”. Menurut Andri, sebaiknya meminta keterangan kepada Sekretaris DPC PDI Kabupaten Blitar.

“Kalau wawancara langsung ke Pak Wito saja, beliau sebagai sekretaris DPC,” ujarnya membalas chat media ini soal “Open BO”. Namun Wito tak merespons hingga kini, upaya wawancara dari media ini.

Namun Andri menyebut bahwa pihaknya baru pagi ini, tahu soal aksi vandalisme “Open BO” itu. Sebab ia baru saja masuk usai libur pada Rabu (21/7/2021). Menurut dia, sebelumnya tak pernah ada aksi seperti itu di kantor DPC PDIP. Ketika mendapat pertanyaan soal arti “Open BO”, ia juga mengaku tak paham.(cak)