Berdayakan Masyarakat Desa, PWI Malang Raya Bikin Program Bareng Polinema

MoU antara PWI Malang Raya dan Polinema terkait pemberdayaan masyarakat desa.
MoU antara PWI Malang Raya dan Polinema terkait pemberdayaan masyarakat desa.

KLIKTIMES.COM|KOTA MALANG- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya bersama Politeknik Negeri Malang (Polinema) berkomitmen untuk membuat program-program pemberdayaan masyarakat desa.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengungkapkan pihaknya siap membantu pemberdayaan masyarakat desa, supaya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Kerja sama dengan Polinema dalam bentuk pendampingan terhadap masyarakat desa di Kabupaten Malang. Supaya dapat mengelola potensi yang dimiliki masing-masing desa, karena banyak potensi desa yang belum bisa dikembangkan, dan adanya keterbatasan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM)," ucap Cahyono, Rabu (6/4/2022).

Cahyono menjelaskan, pendampingan yang dilakukan tersebut salah satunya dengan membuat desain dalam membangun insfrastruktur desa. Selain itu juga terkait pengelolaan keuangan desa yang bersumber dari APBN dan APBD.

Pendampingan juga akan dilakukan untuk mendesain potensi yang ada di desa, seperti sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, UMKM hingga membangun wisata desa.

"Tapi, untuk mewujudkan itu semua, kita juga akan menggandeng Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa maupun Kelurahan, serta Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Adepsi) Kabupaten Malang," jelasnya.

Baca Juga:

Terlebih, lanjut Cahyono, Polinema telah memiliki beberapa program studi, seperti Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknologi Informasi, Akutansi, Administrasi Niaga dan Program Studi di Luar Domisili, yang salah satunya program pemberdayaan masyarakat.

"Atas dasar itulah, kami melakukan kerja sama dengan Polinema ini, yang diharapkan bisa membantu masyarakat desa dan Pemerintah Desa untuk mengembangkan potensi desa, agar bisa memperoleh tambahan pendapatan," terangnya.

"Semakin besar pendapatan yang masuk desa, akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, yang pada akhirnya bisa menuju kesejahteraan masyarakat desa," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo mengatakan dirinya siap bekerja sama dengan PWI Malang Raya untuk program pemberdayaan masyarakat. Sebab, perguruan tinggi memang memiliki program tersebut.

"Jika PWI Malang Raya ingin membangun desa,  maka Polinema siap bekerja sama untuk sama-sama ikut membangun desa. Apalagi langkah kerja sama ini, juga memiliki misi yang sama. Yakni meningkatkan perekonomian masyarakat desa," pungkasnya. (Lek/Ell)