Daerah Headline

Gubernur Jawa Timur Khofifah Siapkan Depo Oksigen Gratis untuk Malang Raya

Gubernur Jawa TImur Khofifah
Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. Gubernur Jawa Timur bersama Forkopimda Jatim disambut Forkopimda Kota Malang, Minggu (18/7/2021). Foto: Ist/Kliktimes.com

KLIKTIMES.COM-MALANG- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tegaskan siapkan depo isi ulang oksigen gratis. Itu nanti bagi warga di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, atau Malang Raya Provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA:

Khofifah di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (18/7/2021) mengatakan bahwa sudah ada lokasi pengisian oksigen gratis bagi warga Malang Raya. Rencananya di Kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Malang, di Jalan Simpang Ijen, Kota Malang.

“Kita sedang melakukan persiapan untuk isi ulang oksigen secara gratis bagi warga Malang Raya,” kata Khofifah orang nomor satu di Provinsi Jawa Timur ini.

Khofifah menjelaskan warga Malang Raya Provinsi Jawa Timur yang tengah melakukan isolasi mandiri. Serta masyarakat yang membutuhkan, termasuk ambulans. Nantinya bisa mendapatkan isi ulang oksigen secara gratis di lokasi yang telah ada penunjukan.

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai upaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Malang Raya yang membutuhkan pasokan oksigen, untuk penanganan pasien COVID-19.

“Ini untuk siapa, untuk mereka yang sedang isolasi mandiri, dan termasuk ambulans yang sedang membutuhkan layanan isi ulang oksigen. Sekarang sedang disiapkan,” ujarnya di Kota Malang Provinsi Jawa Timur.

Dalam waktu beberapa minggu terakhir, lanjutnya. Terjadi lonjakan kasus konfirmasi positif COVID-19 di berbagai wilayah, termasuk di Provinsi Jawa Timur. Peningkatan tersebut disebabkan meningkatnya tes usap berbasis PCR yang dilakukan masyarakat.

“Peningkatan signifikan dari masyarakat yang melakukan testing secara mandiri. Setidaknya, peningkatan itu ada sebanyak enam kali lipat dari masyarakat yang melakukan swab PCR,” ujarnya terkait testing di Provinsi Jawa Timur.

Ini Upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama pemerintah daerah. Saat ini berupaya untuk memaksimalkan tracing atau pelacakan. Termasuk testing, serta perawatan kepada warga yang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Tugas pemerintah Provinsi Jawa Timur memaksimalkan tracing, memaksimalkan testing, dan treatment,” ujar Khofifah.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga telah membuka layanan isi ulang oksigen gratis di Kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur, Surabaya. Dan Kantor Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPT PPD) Sidoarjo, serta Samsat Baru, Gresik.

Tercatat, hingga saat ini di Provinsi Jawa Timur, secara keseluruhan ada sebanyak 233.442 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 177.522 orang telah sembuh, 15.919 orang meninggal dunia, dan sisanya masih menjalani perawatan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah menyampaikan hal tersebut ketika meninjau Sebaran Vaksin di UM Malang Jl. Cakrawala Sumbersari Kec. Lowokwaru Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Vaksinasi itu untuk Keluarga Besar TNI (KBT) dan warga Malang Raya, yang dihadiri sekitar 5.000 orang.

Waspam Danlanal Malang Kolonel Laut (P/W) Ni Ketut Prabhawati mendampingi Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto meninjau lokasi. Rombongan Forkompinda Provinsi Jawa Timur terdiri dari Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. (Gubernur Jawa Timur). Mayjen TNI Suharyanto (Pangdam V/Brawijaya), Brigjen Pol. Slamet Hadi Supraptoyo (Wakapolda Jatim). Marsma TNI Rudi Iskandar S.E (Kabinda Jatim) dan Kajati Jatim Dr. Mohamad Dofir SH.,MH.

Kedatangan Gubernur Provinsi Jawa Timur di UM mendapat sambutan dari Drs. H. Sutiaji (Walikota Malang), Kolonel Infanteri Irwan Subekti (Danrem 083/Bdj Kota Malang). Lalu Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko (Wakil Walikota Malang), Kolonel Ckm dr. Moh. Arif Hariyanto. Sp.B (Kepala Kesdam V/Brawijaya), Danlanal Malang Kolonel Laut (P/W) Ni Ketut Prabhawati dan Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto.(cak)

Tambah Komentar