Headline

Hidayat Nur Wahid Apresiasi Langkah HRS Kasasi ke MA

Hidayat Nur Wahid
Hidayat Nur Wahid.

KLIKTIMES.COM-JAKARTA- Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, MA mengapresiasi langkah mantan Imam besar Habib Rizieq Shihab yang memastikan untuk mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung.

BACA JUGA:

Karena menurut dirinya, nuansa ketidakadilan dalam kasus Habib Rizieq ini sudah dirasakan publik sejak awal. Pasalnya, apabila Habib Rizieq dipidana karena dinilai menutupi hasil swab Covid-19, faktanya ada pejabat negara atau menteri yang juga menutupi dan tidak menyatakan dirinya terkena Covid-19. Dan untuk mereka tidak diproses hukum sama sekali.

” Masyarakat merasakan ketidakadilan, sejak awal kasus ini diproses. Dan juga dalam kasus-kasus lain yang dikaitkan dengan HRS. Bahkan, Majelis Hakim dalam kasus kerumunan juga mempertimbangkan adanya praktek ketidakadilan yang jelas-jelas tidak sesuai dengan prinsip hukum yang universal. Yaitu prinsip equality before the law,” ujarnya dalam, keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (31/8/2021).

Dikatakan pula, seharusnya rasa ketidakadilan ini dapat diselesaikan oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dengan mengkoreksi putusan pengadilan tingkat pertama. Tetapi vonis banding yang dikeluarkan justru tidak mencerminkan hal itu.

” Sayangnya, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta tidak menghadirkan keadilan yang diharapkan banyak pihak tersebut,” ucap Politisi yang akrab disapa HNW itu.

Oleh sebab itu dirinya, mengapresiasi langkah Habib Rizieq dan tim hukumnya yang mengikuti dan mentaati proses hukum dengan akan mengajukan kasasi.

Ia juga berharap agar MA dapat mengkoreksi putusan-putusan di tingkat pertama dan tingkat banding yang tidak mencerminkan keadilan tersebut.

Langkah Kasasi

“Saya masih percaya hakim-hakim agung yang akan memeriksa perkara ini adalah mereka yang tidak dibawah intervensi instansi manapun. Mereka memiliki kredibilitas dan komitmen hadirkan keadilan. Mereka memiliki independensi dan kebijaksanaan sehingga dapat melihat adanya ketidakadilan dalam kasus ini, dan berani mengkoreksinya,” tandas HNW

Sebelumnya , Senin (30/8/2021) Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menolak gugatan banding yang diajukan oleh Mantan Imam Besar Front Pembela Islam ( FPI) Habib Rizieq Shihab yang di vonis 4 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam Kasus Swab RS UMMI.

Atas dasar penolakan tersebut melalui kuasa Hukumnya , Sugito Atmo Prawiro memastikan akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

” Kami pasti kasasi, putusan tidak masuk akal,” kata Sugito kepada wartawan, Senin, 30 Agustus 2021.

Menurut Sugito, penguatan putusan terhadap kliennya tersebut berlebihan dan dapat dipolitisasi.(ian/piz)

Tambah Komentar