Kecelakaan Maut Muara Rapak, Ngeri Tronton Sapu Belasan Kendaraan

Detik-detik Truck Tronton KT-8534-AJ menabrak belasan sepeda motor dan sejumlah mobil di lampu merah Muara Rapak, Jumat (21/1/2022).

Foto: Tangkapan layar cctv Dishub
Detik-detik Truck Tronton KT-8534-AJ menabrak belasan sepeda motor dan sejumlah mobil di lampu merah Muara Rapak, Jumat (21/1/2022). Foto: Tangkapan layar cctv Dishub

KLIKTIMES.COM-BALIKPAPAN- Sejumlah orang tewas dalam kecelakaan maut di turunan Muara Rapak Balikpapan Utara, pada pukul 06.15 WITA Jumat (21/1/2022). Truck Tronton KT-8534-AJ menabrak belasan sepeda motor dan sejumlah mobil di lampu merah Muara Rapak.

BACA JUGA:

Truk dengan sopir MA warga Jl. Tanjungpura No.28 Rt.022 Kel. Telaga Sari, Kec. Balikpapan Kota mengakibat sejumlah orang tewas. Hingga kini belum bisa dipastikan jumlah korban meninggal dunia. Meskipun ada sebaran di grup WA, 21 orang disebut meninggal dunia. Namun Polisi baru mengkonfirmasi lima orang yang meninggal dunia.

Truk itu Pukul 05.00 Wita berangkat dari Parkirannya Jl. Pulau Balang Km.13 Kel. Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara. Truk dengan muatan Kontener 20 Fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 Ton. Rencananya hendak di antar ke Kampung Baru Balikpapan Barat.

Sesampai di depan Rajawali Foto Km.0,5  Sopit Truck Tronton sudah mulai mengurangi Porsneling dari 4-3 dan sesampai di depan Bank Mandiri Rem sudah tidak berfungsi dan Truck Tronton meluncur laju dan menabrak yang ada di depannya dan pada saat kejadian  TL (Trafic light) Muara Rapak warna merah.

Truk menabrak, 6 Unit roda empat. yakni dua unit Angkot warna Merah dan Biru, dua unit Mobil Pribadi dan dua unit Pick Up. Serta roda dua sebanyak 14 Unit.

Saking dahsyatnya kecelakaan, dari rekaman CCTV Dinas Perhubungan, terlihat mobil Ayla berwarna merah sempat melambung ke udara setelah ditubruk truk tersebut.

Dari data sementara yang dihimpun ada lima orang meninggal dunia dalam insiden tersebut, empat orang luka berat, dan puluhan lainnya luka ringan.

Tim gabungan pun langsung turun ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para korban.

Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan yang turun ke lokasi kejadian mengatakan dugaan sementara dikarenakan rem blong.

"Berdasarkan hasil rekaman CCTV kemungkinan remnya blong. Pada saat kondisi lampu merah ada beberapa kendaraan roda empat kalau nggak salah 5 sampai 6 motor dan beberapa kendaraan motor. Sehingga pada saat blong langsung menabrak beberapa roda dua di depannya serta beberapa mobil, sehingga kendaraan kontainer melaju ke depan hingga ke samping Masjid Al-Munawar," terang Sony.(cak)