Kota Malang

RSIA Mawar Kepakan Sayap Mawar Peduli, Resmi Buka Layanan PCR

KLIKTIMES-MALANG – Program Mawar Peduli  yang dijalankan RSIA Mawar (Mardi Waloeja Rampal) Malang makin mengepakkan sayap dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19. Apalagi, Malang masih berstatus PPKM Level 3 yang masih tinggi potensi penularannya. Upaya yang dilakukan adalah percepatan memfungsikan Laboratorium Biomolekuler  atau Swab PCR yang terjangkau masyarakat.
“Kami sangat bersyukur hari ini ( 7/9) RSIA Mawar telah dilakukan visitasi oleh tim dari Dinkes Propinsi Jatim dan Dinkes Kota Malang sebagai penanggung jawab operasional fasilitas medis di Malang,” ungkap Jubir RSIA Mawar, Sudarmaji.
Tim berjumlah sekitar 8 orang, dan 6 diantaranya adalah para dokter, lanjut Sudarmaji melakukan  detail verifikasi dan visitasi terhadap kelayakan fasilitas, SOP, SDM serta kebutuhan operasional kesiapan kita membuka layanan PCR di Mawar.
“ Direksi Mawar melakukan presentasi, termasuk verifikasi factual terhadap fasilitas Lab yang kita miliki. Dan Alhamdulillah hasilnya sangat baik dan diperkenankan untuk melayani masyarakat. Tim visitasi selanjutnya akan memberikan rekomendasi beroperasinya Lab. Mawar,” ujar Sudarmaji.
RSIA Mawar, imbuh Sudarmaji, dengan kepercayaan yang diberikan akan mengemban amanah untukmembantu masyarakat dalam melayani pemeriksaan kesehatannya. RSIA Mawar melengkapi layanannya utamanya dalam menangani Covid 19, juga layanan pasca Covid-19 serta Vaksin.
“Lab. Mawar siap menerima layanan terkait penanganan Covid-19 utamanya PCR yang terjangkau. Selain itu juga bagi penyintas juga mereka yang telah melakukan vaksin dapat memeriksakan di lab kami untuk mengetahui efek ataupun kemampuan imunnya setelah vaksin. Kita memiliki program pemeriksaan pasca covid ataupun vaksin,” ungkapnya.
Paket pemeriksaan pasca covid dan vaksin itu yaki berupa pemeriksaan D-dimer, Il6, antibody kuantitaif, jugapemeriksaan kadar Vit. D. “Selain kita juga memberikan layanan deteksi atau antisipasi Covid 19, yakni yang selama ini berjalan swab antigen, imun imboost vitamin C, dan paket lab lainnya,” paparnya.
Presentasi kesiapan layanan PCR dari RSIA Mawar dipimpin langsung dr. Dirut RSIA Mawar,  dr. Raymond Ferdinand Runtu, SpPK beserta jajarannya. Sedangkan Tim Visitasi ke RSIA Mawar Malang  dipimpin langsung  Ketua Tim utusan dari Dinkes Propinsi Jatim yakni drg. Lili Aprilianti, didampingi dari Bidang Yankes  dr.  Any, bidang P2 dr. Syarifah , SKm, Bagian BBLK  dr. Titik Sulistyowati, M.Ked Klin Sp.MK, Bidang PATKLIN, dr. Agustin Iskandar, Sp.PK dan dari PAMKIN, dr. Etty Fitria, Sp.MK.
Selain Dinkes Provinsi Jatim, ikut hadir juga dari perwakilan Dinkes Kota Malang, organisasi profesi spesialis Patologi klinik, spesialis Mikro Biologi klinik serta pihak laboratorium pembina, yakni Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya.
Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Jatim, Drg.Lili Aprilianti menyampaikan  RSIA Mawar telah memenuhi syarat untuk bisa membuka layananan Swab tes PCR bagi masyarakat. Lili menilai RSIA MAwar memiliki kelayakan standarisasi gedung dan alat yang disiapkan untuk pemeriksaan Covid-19, baik penataan ruangannya, standarisasi sarana alat kesehatan dan SDM tenaga kesehatan telah memenuhi syarat.
“ Setelah seluruhnya memenuhi persyaratan, RSIA Mawar siap melakukan pelayanan Swab tes PCR sembari menunggu ijin pemeriksaan dari Litbangkes (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan,red) Pusat. Besok sudah mulai running operasional sambil menunggu ijin dari Litbangkes pusat. Kira-kira dua hingga tiga minggu lah sambil mempercepat perbaikan yang tadi kami sampaikan,” paparnya.
Dijelaskan Lili, visitasi Lab PCR ini adalah untuk menilai standarisasi layanan  pemeriksaan merekayag diduga terpapar Covid-19. Untuk memastikannya, maka dibutuhkan swab PCR ini, dan RSIA Mawar membantu masyarakat untuk mengaksesnya. (cak)

Tambah Komentar