Kota Malang

Sempat Disegel, Tiga Kafe di Dau Malang Kembali Buka

KLIKTIMES – MALANG – Setelah Satpol PP Kabupaten Malang melakukan penyegelan tiga kafe di Kecamatan Dau Malang beberapa waktu lalu, ketiganya beroperasi normal kembali.
Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang Firmando Hasiholan Matondang menjelaskan alasan melakukan penyegelan saat itu.
“Waktu itu kita gelar operasi karena PPKM Darurat. Amanahnya PPKM Darurat, tidak diperkenankan Dine In (makan ditempat). Kita temukan banyak pengungjung tidak taati peraturan PPKM Darurat tersebut,” kata Firmando, Kamis (5/8/2021).
Runtutannya, lanjut Firmando, kafe itu awalnya disegel terus ditutup atau tidak diperbolehkan beroperasi kemudian baru dikeluarkan Surat Peringatan (SP).
“Sudah kami lakukan penyegelan sampai SP. Saat ini mereka sudah beroperasi lagi.  Artinya memang setelah keluar SP mereka boleh buka dan beroperasional. Kalau diulangi lagi maka akan kami segel selama 3 hari. Jika melanggar lagi, baru kita proses apakah akan dicabut izinnya atau tidak,” bebernya.
Namun, lanjutnya, yang menjadi masalah saat ini sebagian besar kafe di wilayah kecamatan Dau memang belum ada Ijinnya, nah kalau begini, apa yang akan dicabut?
“Hal itu masih kita godok kembali, tetapi karena saat ini telah memasuki PPKM Level 3 yang sudah ada pengendoran ketentuan makan ditempat, seperti diperbolehkannya Dine In 20 menit.  Dengan ketentuan ini bukan berarti kita berhenti Operasi, tetap kita lakukan operasi untuk mengecek kerumunan dan tingkat kepatuhan prokesnya,” tutupnya. (jat/dan)