Kabupaten Blitar Dapat Vaksin 13 Ribu Dosis Hewan Ternak, Didahulukan Sapi Perah

Pemeriksaan Sapi di Blitar. Kliktimes.com/Fathan
Pemeriksaan Sapi di Blitar. Kliktimes.com/Fathan

KLIKTIMES.COM | BLITAR - Kabupaten Blitar akhirnya menerima alokasi jatah vaksin hewan ternak. Hanya saja tidak langsung banyak sesuai kebutuhan atau jumlah hewan ternak, dalam hal ini sapi. Rencananya besok vaksin akan diambil di Surabaya.

"Kita mendapat vaksin hewan ternak sebanyak 13 ribu dosis. Vaksin besok diambil di Surabaya," kata Toha Mashuri, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar kepada Kliktimes.com, Kamis (23/06/2022).

Sesuai petunjuk dari Provinsi, lanjut Toha, vaksinasi hewan ternak akan didahulukan untuk sapi perah. Setelah vaksin tiba, secepatnya akan dilakukan penyuntikan sapi perah yang di seluruh Koperasi Unit Usaha (KUD).

"Jadi nanti secepatnya kita distribusikan. Sesuai petunjuk provinsi, maka akan didahulukan sapi perah. Nanti yang mengaplikasikan KUD-KUD. Sedangkan sapi penggemukan populasi atau milik petani menunggu tahap berikutnya," ungkapnya.

Sebelumnya, Toha telah menjelaskan data jumlah sapi yang disampaikan ke Provinsi. Untuk sapi perah sebanyak 12.572 ekor, tidak termasuk sapi di PT Greenfield. Kemudian untuk sapi penggemukan populasi ada 149.612 ekor. Data ini termasuk sapi yang suspek PMK.

Sekedar diketahui, update data kasus PMK hewan ternak di Kabupaten Blitar hingga 23 Juni 2022 pukul 14.00 WIB, untuk total kasus mencapai 2.108 ekor sapi, kemudian 225 diantaranya sembuh, dan 10 ekor mati.(had/sre)

POST TAGS: