Sport

Liga 3 2021, Blitar Poetra Seleksi Pemain Lokal

KLIKTIMES.COM-BLITAR– Liga 3 tahun 2021, Blitar Poetra seleksi pemain lokal. Kompetisi kasta ketiga nasional itu rencananya akan bergulir pada 3 November 2021. Blitar Poetra merupakan satu diantara dua klub dari Kabupaten Blitar yang berlaga di Liga 3. Satu lainnya adalah PSBI.
Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Blitar, Fatatoh Hironi Ulya mengatakan, Blitar Poetra sebagai wadah pembinaan dari Asosiasi PSSI Kabupaten Blitar. Pemain yang berlaga di Liga 3 juga untuk persiapan Porprov kelima 2022. Sehingga dipastikan semua pemain berasal dari Kabupaten Blitar.
“Tahapan seleksi sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Saat ini ada sekitar 30 pemain dengan kelahiran antara 1999 – 2003. Nantinya 30 pemain itu diseleksi lagi hingga menjadi 20 pemain,” ujarnya kepada Kliktimes.com, Jumat 24 September 2021.
Tak hanya itu, lanjut Fatatoh, seleksi pemain senior juga dilakukan. Karena sesuai regulasi, ada jatah 3 pemain senior. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada PSBI, kalau ada pemain binaan dari Kabupaten Blitar yang bisa ditampung,” tambahnya.
“Anggaran olahraga dari APBD sangat minim, karena dialihkan penanganan Covid-19. Saya ucapkan terima kasih juga kepada pemerintah daerah atas dukungannya selama ini. Tapi saya juga berharap kepada Wabup Blitar untuk memberikan dukungan bantuan pada pelaksanaannya agar berjalan lancar,” harapnya.
Fatatoh menuturkan, Blitar Poetra juga ditunjuk Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur sebagai tuan rumah bersama dengan Arema Indonesia, Akademi Arema Ngunut, Mojokerto FC, dan Perseta Tulungagung. Stadion yang akan digunakan sebagai tuan rumah adalah Gelora Penataran di Kecamatan Nglegok.
“Nah, mengingat kompetisi masih digelar di masa pandemi Covid-19, kita juga meminta bantuan dari pemerintah daerah, khususnya Satgas Covid-19 dan kepolisian agar pelaksanaan lancar,” tutur Fatatoh.
Ia menerangkan, pada Liga 3 2021 dua klub dari Kabupaten Blitar adalah PSBI dan Blitar Poetra. Untuk Blitar Poetra akan tergabung dengan di zona lima bersama Arema Indonesia, Akademi Arema Ngunut, Mojokerto FC, Perseta Tulungagung.
“Sedangkan PSBI di zona tujuh bersama Persedikab Kediri, PSID Jombang, Persem Mojokerto, dan Persekam Metro FC. PSBI akan bermain di Kediri,” paparnya.
Pada Liga 3 2021 ini, imbuh Fatatoh, regulasi usia juga sudah ditentukan. Ada tiga pemain senior yang diperbolehkan dengan usia pemain diatas kelahiran 1999. Sedangkan pemain lainnya harus kelahiran antara 1999 – 2003.
“Masing-masing zona ada lima klub. Nantinya akan diambil 2 klub, yaitu juara grup dan runner up. Selain itu juga diambil lagi 4 klub peringkat ketiga terbaik. Kemudian babak 32 besar menggunakan sistem knock out sampai partai final. Untuk Asosiasi Provinsi Jatim mendapat jatah 8 klub yang akan masuk 64 besar putaran nasional,” imbuhnya.(had)

Tambah Komentar